Kamis, 04 Oktober 2012

Tips Menghadapi Masalah

Hai, hai ^^

Setiap manusia pasti punya masalah. Dari yang seenteng semut sampai seberat gajah. Ada juga yang sedang-sedang kayak berat kambing. Tapi, seenteng, sesedang, atau seberat apa pun itu, tetap saja bermasalah. Iya, kan?? Mulai dari putus cinta, nilai jelek, bad mood sama teman and sahabat, dsb (dan saya bingung saking banyaknya :p). Pokoknya, masalah itu ada aja setiap hari, jam, menit, detik!

Tapi, apa cara kita menghadapi masalah itu sudah benar?

Ada yang menghadapinya dengan cara yang salah. Misalnya, ngelabrak (aku pernah sih, nglakuin itu :p), membiarkan saja, atau dipikirin teruuss....sampai gila stadium 3. Pada akhirnya, itu malah akan memunculkan masalah baru. 

Jangan menganggap enteng masalah! Banyak orang yang akhirnya ngambil keputusan buat lompat dari atas gedung atau menara yang tinggi dan ngambil tali jemuran emaknya buat gantung diri. Ini nih, akibat menganggap enteng masalah, atau membiarkan dirinya terus larut dalam masalahnya sehingga akhirnya frustasi.

Then, what should we do? :o

Ya, karena saya pernah menghadapi masalah juga, saya akan coba bagi tips menghadapi masalah ala saya

1. Coba rileks dulu

Saya yakin 99,9% nggak ada orang yang bakal ngadepin masalahnya dengan tegang sampai step. Buat rileks diri Anda dulu. Tapi...eits...jangan rileks lama-lama. Ntar ogah dong, ngadepin masalahnya. :D
Relaksasi ini untuk menenangkan diri Anda semua. Anda pertamanya pasti kaget waktu kena masalah, trus bingung mau ngapain. Iya, kan? Makanya, biar Anda bisa berpikir jernih mencari jalan keluar, buat tubuh rileks dulu. Jangan paksa otak Anda terus berpikir karena itu akan membuat Anda menjadi calon penghuni rumah sakit jiwa. 

Nggak mau dong pastinya, jadi penghuni rumah sakit jiwa?? :)

2. Sabar...

Ini dia nih yang paling sulit. Sabar! Sabar bukan berarti diem...aja a.k.a. pasrah. Sabar itu dinamis. Anda berusaha dan menerima. Itulah sabar yang sebenarnya. :D
Kenapa sabar itu sulit? Karena, kadang kita pasti kebawa emosi. Pinginnya marah-marah, nabok, nendang, dan lain-lain. Jika ini dibiarkan, Anda pasti jadi calon penerima hukuman. Baik di sekolah, maupun di kantor polisi. Pastinya nggak mau dong, ya?

3. Curhat 

Yups, kita pasti suka sama tips ketiga ini. Curhat merupakan salah satu cara untuk meringankan beban masalah kita. Boleh kok, curhat sama siapa aja. Asal...pastikan orang yang diajak curhat mulutnya bisa dijaga jika masalah yang Anda alami itu berstampel RAHASIA. Jika nggak, siap-siap aja aibnya tersebar ke mana-mana.
Curhat yang paling aman itu biasanya sama ortu, sahabat, dan (kalau anak sekolah) sama guru-guru BK. Tapi, saya yakin kok orang yang aman buat diajak curhat itu bukan cuma mereka. So, jangan khawatir. Tipe orang kan beda-beda. :D

4. Berdo'a dan tawakal

Terakhir, jika sudah berusaha dengan MAKSIMAL, berdoa dan tawakalkan pada Tuhan. Karena hanya Dia yang bisa membolak-balikkan hati manusia dan pemberi jawaban terbaik buat masalah kita. Ingat kan, ada pepatah 'Usaha tanpa do'a itu sombong. Do'a tanpa usaha itu bohong,' ??
Percaya deh, Tuhan tahu kok yang terbaik buat kita! :D

Nah, ini tips menghadapi masalah ala saya. Semoga tips ini dapat membantu semuanya. Keep spirit! Fighting!! ^^


Salam hangat,
Anissa Antania Hanjani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar